Berenang Bersama Salah Satu Makhluk Hidup Terbesar Didunia – Hiu Paus Di Kwatisore Nabire Papua

Kalau wisatawan membicarakan wisata Pantai di Papua biasanya hanya Raja Ampat, sebenarnya tidak hanya Raja Ampat yang bisa dijadikan destinasi wisata, banyak sekali tempat wisata pantai di Papua yang  memiliki eksotisme yang sama malah beberapa mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan Raja Ampat sehingga masing-masing akan memberikan kenikmatan berbeda. Satu hal yang menyadarkan saat berlibur ke Papua bahwa Indonesia adalah negara yang sangat indah.

Terlahir di Nabire Papua dimana kotanya tepat berada di tepi laut membuat saya sangat suka dengan laut. Teman-teman diPantai Nabire Kantor Jakarta sering menyebut saya anak pantai karena kalau renang katanya speed nya cepat banget terus kalau nyelam bisa lama banget didalam air……(hehehe boleh dong promosi dikit)

Orang yang suka laut dan bisa menyelam sudah pasti ingin menikmati keindahan laut tidak hanya dari permukaan. Tapi juga ingin menyelaminya. Sejak kecil saya sudah sering menyelam diperairan Papua. Menurut saya dan beberapa orang yang saya ajak berdiskusi, Laut Papua merupakan surga bagi penyelam dan selalu berada didaftar palng atas yang harus dikunjungi oleh penyelam karena banyak sekali dive spot menarik di sana.

Salah satu dive spot penyelaman yang saat ini cukup menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Kwatisore Nabire Papua. Kwatisore merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC). Keunikan menyelam di Kwatisore selain karena mempunyai terumbu karang yang sangat cantik dan lengkap juga kehidupan bawah lautnya juga masih sdangat asli. Sebenarnya daya Tarik utama wisatwan ke TNTC adalah bahwa disini wisatawan bisa berenang dan bermain bersama salah satu mahkluk hidup terbesar didunia yaitu Ikan Hiu Paus (Whale Shark) Ikan Hiu paling ramah di dunia…..mantap kan!

Untuk menuju Kwatisore dari Jakarta, yang paling mudah adalah dari Kota Nabire. Setiap hari ada penerbangan ke Nabire. Kalau dari Jakarta ada beberapa pilihan rute. Bisa lewat Makassar, lalu ke Biak atau Jayapura, dilanjutkan ke Nabire. Atau lewat Ambon, lalu ganti penerbangan langsung ke Nabire. Nabire adalah ibu kota Kabupaten Nabire. Kotanya kecil dan banyak pendatang dari Jawa, Sulawesi dan Sumatra sehingga di setiap sudut Kota Nabire kita temukan tempat makan yang menyajikan makanan Indonesia seperti Masakan Padang, Masakan Makassar dan lain-lain. Tapi bagi wisatawan disarankan untuk mencicipi masakan khas Orang Papua yaitu Papeda yang terbut dari Sagu dan dimakan dengan Sop Ikan Laut segar dan Sayur Kangkung Tumis serta sambal matang, dijamin pasti ketagihan. Kota Nabire itu kecil, hanya cukup dua jam, kita sudah bisa mengelilinginya. Penduduk di Nabire tak lebih dari 130 ribu jiwa. Nabire terkenal dengan buah jeruknya yang sangat manis dan dijual di sepanjang jalan Kota Nabire. Di Nabire ada beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi sebelum mengunjungi TNTC, seperti Pantai Nabire, Pantai Sanoba, Pantai Pasir Putih dan beberapa objek wisata pantai dan gunung lainnya.

Perjalanan ke Kwatisore dari Nabire memakan waktu dua jam dengan menggunakan speedboat/perahu masyarakat atau bisa juga menggunakan jalan darat menggunakan mobil 4WD karena jalannya belum terlalu baik dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Perjalanan ke Kwatisore merupakan perjalanan yang tak terlupakan, karena begitu masuk kawasan TNTC, banyak sekali yang bisa dieksplorasi dari keindahan lautnya maupun kekayaan alam didaratannya sendiri.

Hiu Paus with SoniUntuk bisa berenang dan bermain dengan Ikan Hiu Paus pengunjung akan diantar ke salah satu bagan (perahu besar) di tengah laut dan kemudian oleh pemilik bagan tersebut akan memanggil Ikan Hiu Paus untuk naik ke permukaan. Kurang lebih 5 – 10 menit (biasanya kurang dari waktu tersebut) Ikan Hiu Paus sudah muncul ke permukaan, biasanya Ikan Hiu Paus akan muncul ke permukaan secara bergerombol bisa sampai 5 – 6 ekor sehingga wisatawan bisa berenang dan bermain dengan salah satu mahkluk hidup terbesar didunia tersebut. Untuk penyelaman wisatawan bisa menggunakan scuba. Bagi yang tidak bisa menyelam bisa juga menggunakan snorkeling karena visibility perairan di Kwatisore sangat jernih. Jangan takut karena Ikan Hiu Paus ini suka berinteraksi dengan manusia. Jarak aman yang dianjurkan antara penyelam dan Ikan Hiu Paus adalah sekitar 1 – 2 meter.

Selain berenang dan bermain dengan Ikan Hius Paus, banyak aktifitas lainnya yang bisa dilakukan di Kwatisore seperti mengunjungi beberapa pulau kecil di TNTC untuk bersantai di pasirnya yang putih, ataupun menyelam atau snorekling di beberapa terumbu karang yang akan menyuguhkan kehidupan laut yang masih sangat asli selain itu memancing dan menjala  ikan bersama penduduk setempat sebagai menu makan malam merupakan salah satu wisata air yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan karena akan membuat wisatawan terutama dari kota besar seperti Jakarta akan mendapat pengalaman berbeda yang luar biasa dan tak terlupakan.

Selain aktifitas laut, beberapa aktifitas didarat pun tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan seperti menonton Burung Birds of ParadiseCenderawasih (Bird of Paradise) sebagai burung paling Indah didunia menari diatas puncak pohon di pagi dan sore hari. Tarian yang dilakukan oleh Burung Cenderawasih jantan ini dilakukan dengan maksud untuk menarik hati Cenderawasih betina agar mau menjadi pasangannya. Banyak wisatawan yang sangat terpesona dan bangga pada saat selasai melakukan aktifitas ini karena mereka menjadi bagian dari hanya 1 % manusia diatas bumi ini yang bisa melihat hal tersebut. Selain itu aktifitas berburu rusa dan laolao (sejenis kanguru) dimalam hari juga menjadi suatu aktifitas yang menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan untuk merasakan sensasi alam liar Papua.

Begitu lepas dari laut Nabire menuju kawasan TNTC, tidak ada sinyal. Jadi, ponsel otomatis tidak bisa digunakan. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri, karena kita bisa benar-benar berlibur tanpa ada gangguan telepon untuk menanyakan tugas dari kantor ataupun dari teman-teman. Menurut saya Kwatisore patut menjadi pilihan lokasi destinasi wisata anda berikutnya apabila anda ingin benar-benar kabur sejenak dari kepenatan rutinitas kerja karena anda akan menikmati pemandangan yang sangat bagus, udaranya sangat segar, serta melakukan aktifitas yang berbeda dan menarik sehingga pikiran bisa benar-benar rileks.

Di Kwatisore ada sebuah resor, namanya resor Kali Lemon. Ini merupakan satu-satunya resor yang ada di dalam kawasan TNTC. Resor Kali Lemon menawarkan paket kunjungan ke Kwatisore untuk berenang dengan Hiu Paus dan Snorkelling di beberapa spot diving yang ada di sekitar Kwatisore dan belum termasuk aktifitas di darat seperti melihat tarian Burung Cenderawasih dan lain-lain. Biaya yang ditawarkan oleh Resor Kali Lemon untuk 3D/2N masih cukup tinggi yaitu diatas 15 – 20 juta per orang untuk sekali trip.

Namun demikian, ada beberapa paket wisata yang lebih hemat yang ditawarkan oleh beberapa travel lokal yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kwatisore untuk merasakan dan mengalami pengalaman yang berbeda dan tidak seperti biasanya. Selain itu ada beberapa website yang bisa menjadi rujukan wisatawan sebagai referensi yang bisa dilihat sebelum berkunjung ke Kwatisore sebelum memastikan kunjungannya ke Kwatisore termasuk bisa bertanya mengenai hal-hal lain yang belum jelas atau kalau memang belum yakin bisa kontak saya saja sehingga saya bisa memberikan panduan termasuk bantuan bagi teman-teman yang mau berkunjung ke Nabire tapi masih bingung karena kebetulan saya juga memang orang asli Kwatisore sehingga saya bisa menghubungkan teman-teman dengan orang-orang yang bisa menjadi guide teman-teman selama di Kwatisore Nabire karena mereka semua adalah sepupu saya sehingga dijamin aman…….

Dibawah adalah beberapa Email & Website tentang Wisata Kwatisore:

Email: jfk.buanaenterprise@gmail.com

Facebook: https://www.facebook.com/groups/1541082082774352/?ref=br_tf

Website (Kali Lemon Resort): http://hiniotanibre.com/?page_id=9#

Selamat berlibut ke Kwatisore Nabire……

sfk

Hiu Paus - ALone 2

Kwatisore New Destination in Papua

2 pemikiran pada “Berenang Bersama Salah Satu Makhluk Hidup Terbesar Didunia – Hiu Paus Di Kwatisore Nabire Papua

  1. Setuju banget kaka…., berenang bareng hiu paus di Kwatisore itu bener2 menakjubkan….!!!!
    Klo beta tinggal nya di Nabire, mungkin tiap weekend beta ke situ hehe…

    Suka

Tinggalkan komentar