Biak Pulau Bersejarah Yang Eksotik

Biak merupakan salah satu Pulau di utara Pulau Papua tepatnya di Teluk Cenderawasih. Kota Biak dibangun pada masa Perang Dunia II oleh Tentara Sekutu sebagai basis pertahanan nya di Timur Jauh. Untuk sampai ke Biak IslandBiak dari Jakarta kita dapat menggunakan transportasi Kapal Pelni dengan waktu tempuh sekitar 5 hari ataupun cukup

Secara Geologis, Biak merupakan kota yang dibangun diatas batu gamping yang terbentuk Jutaan lalu di laut dangkal dan kemudian tersingkap keatas permukaan sehingga membentuk tonjolan-tonjolan bukit. Proses erosi di sepanjang pantai Pulau Biak menyebabkan batu gamping/batu karang yang tersingkap terkikis dan menghasilkan hamparan pasir putih hampir diseluruh pesisir pantai sehingga menambahkan keindahan panorama pantai-pantai disepanjang Pulau Biak.dengan 5 -6 jam menggunakan pesawat berbadan lebar yang akan mendarat di Bandar Udara Internasional Frans Kaisepo.

Sebagai kota peninggalan Perang Dunia II, Kota Biak banyak menyimpan barang dan tempat-tempat bersejarah. Salah satunya adalah Goa Jepang yang pada masanya merupakan Lokasi Pertahanan bagi Tentara Sekutu dan Jepang. Di Goa Jepang kita bisa menjumpai barang-barang peninggalan Perang Dunia II baik alat-alat perang, alat-alat makan dan lain sebagainya yang dapat memberikan gambaran kepada kita tentang bagaimana suasana yang terjadi pada saat Perang Dunia II.

Sunset In waterbasis BeachSelain Goa Jepang, masih banyak lokasi wisata dan bersejarah yang dapat ditawarkan di Pulau Biak. Diantaranya adalah Pantai Water Basis yang terletak 1 km dari kota biak. Pantai ini sangat terkenal karena keindahan pantainya dengan hamparan pasir putih serta koral yang telah tererosi dan tersapu ombak sampai dibibir pantai serta air laut nya yang tenang dan berwarna biru dan bening sebening kaca. Pantai ini juga memiliki sejarah karena pada saat perang dunia ke II pantai ini merupakan tempat pendaratan kapal-kapal Tentara Sekutu dan Jepang dan kemudian saat ini masih terus dipakai sebagai salah satu pangkalan Angkatan Laut dari Armada Timur Indonesia.

Dipantai Water Basis pengunjung dapat berenang dengan sepuas hati karena airnya yang tenang dan sangat jernih. Selain itu olahraga air lainnya yang ditawarkan kepada wisatawan dipantai ini selain berenang adalah Jetski, snorkling, diving dan juga memancing. Senja di Pantai Water Basis sangat indah dan romantis sehingga sangat disarankan bagi Wisatawan untuk dapat menikmati senja di Pantai Watera Basis karena akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan.

Di bagian selatan Pulau Biak terdapat gugusan pulau-pulau dan atol-atol yang menghubungkan pulau-pulau yang mencapai Diving - Samukratusan buah yang terbentuk dari terumbu karang yang hidup dilaut dangkal Jutaan Tahun yang lampau dan kemudian tersingkap ke atas permukaan yang sering disebut sebagai Kepulauan Padaido. Air nya yang jernih sebening kaca serta lautnya yang tenang dengan pantulan gradasi warna akibat perbedaan kedalaman menjadikan pulau ini bagaikan surga kecil di ufuk timur. Seluruh Kepulauan Padaido dapat dijadikan spot penyelaman yang sangat menarik bagi para penyelam karena keindahan alam bawah lautnya yang menyimpan berbagai macam keanekaragaman terumbu karang yang masih asli serta berbagai jenis ikan dan binatang laut yang masih asli karena masih sangat asli dan belum terjamah oleh dunia luar.

Selain beberapa spot wisata diatas kita juga mengunjungi beberapa spot wisata di Pulau Biak seperti Taman Burung, Taman Anggrek, Pantai Marauw, Pantai Anggaduber, Pantai Segara Indah dan Pantai Parai di ujung timur Pulau Biak. Waktu 5-6 hari adalah waktu yang disarankan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Biak dan ingin melihat semua Spot Wisata dan keindahan alam Pulau Biak secara utuh. Karena dengan waktu 3 hari, kami belum bisa mengunjungi sungai, air terjun dan pantai-pantai berpasir putih di bagian Utara Pulau Biak yang masih perawan dan belum tersentuh oleh perkembangan pembangunan. Selain mengunjungi spot wisata di Pulau Biak, direkomendasikan kepada wisatawan agar dapat mencicipi masakan khas orang Papua yaitu Papeda yang tersbut dari sagu dan dimakan dengan Sop Ikan Laut Segar dan Sayur kangkung di tambah Sambal, dijamin pasti ketagihan.

Selamat datang di Pulau Biak….Medio 2012

sfk

Jetski

Diving - Team

Papeda

2 pemikiran pada “Biak Pulau Bersejarah Yang Eksotik

Tinggalkan komentar